RSS

Islam dibangun diatas lima perkara

28 Oct

Islam adalah agama samawi (agama langit) artinya agama yang berdasarkan wahyu dari Allah SWT. Islam sebagai agama “Rahmatan lil alamin”, pembawa rahmat bagi alam semesta mempunyai lima dasar pondasi, sperti disebutkan dalam hadits beriktu:

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a. dia berkata: Rasulullah pernah bersabda, “Islam ditegakkan di atas lima pondasi; (1) Bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, (2) Mendirikan shalat, (3) Menunaikan zakat, (4) Bergi Haji, (5) Berpuasa pada bulan Ramadhan.” [diriwayatkan oelh Al-Bukhori, hadits no.8]

Lima pondasi inilah yang menjadi dasar bagi ummat muslim dalam pelaksanaan ibadah syariat Islam yang sempurna:

Pertama adalah Kesaksian “Bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah”. Ummat Muslim harus meyakini bahwa tuhan itu Esa. Maha Tunggal. Tidak dilahirkan oleh siapapun dan tidak melahirkan siapapun. Tidak ada satupun menyerupainya, baik zat dan bentuknya. Artinya bentuk dan zatnya tidak sama dengan apapun mahluk di dunia ini. Dia Penguasa, Dia Pengendali, Dia Pencipta, Dia Pemelihara, Dia Perusak, Dia yang Adil, Dia yang sombong, Dia yang bijaksana dan segala sifat lainnya.

Disamping harus meyakini Allah sebagai satu-satunya zat yang patut disembah, ummat muslim juga harus meyakini bahwa Muhammad adalah utusan yang ditugaskan membawa risalah agama kepada seluruh ummat manusia di dunia ini. Muhammad bukanlah satu-satunya rasul. Dia adalah rasul yang terakhir, rasul penutup tetapi menjadi penghulu dari semua rasul yang pernah diutus ke muka bumi ini oleh Allah wst. Dia adalah pembawa risalah yang menjadi penyempurna dari risalah-risalah agama yang telah dibawa oleh rasul-rasul terdahulu.

Kedua : “Medirikan Shalat”. Shalat adalah sebuah bentuk ibadah yang mejadi penghulu dari semua ibadalah. Menjadi tiang agama, yang mejadi tolok ukur dari ibadah-ibadah yang lain. Apabila baik shalat seseorang maka bisa dipastikan dia akan baik dalam ibadah-ibadahnya yang lain. Dalam sehari semalam ummat islam diwajibkan melaksanakan shalat 5 waktu yaitu ; subuh, zhuhur, ashar, magrib dan isya.

Ketiga : “Menunaikan zakat”. Zakat adalah mengeluarkan sebagian kecil dari yang harta yang dimiliki. Harta yang harus dizakatkan adalah harta yang telah memenuhi syarat satu nisab dan telah mencapai satu tahun. Hanya beberapa jenis harta yang boleh dizakatkan seperti Harta Perniagaan, Harta Rikaz, Harta Pertenakan, Harta Pertanian dan lain sebagainya. Besaran harta yang dikeluarkan adalah antara 2,5 % sampai dengan 5 %. Penerima zakat disebut asnaf, berjumlah 8 golongan asnaf; 1) Fakir 2) Miskin, 3) Orang Berhutang, 4) Fisabilillah, 5) Hamba Sahaya 6) Musafir, 7) Mualaf (orang baru masuk islam), 8) Amilin (pengelola zakat).

Keempat : “Pergi Haji”. Bagi ummat islam yang mampu melakukan perjalanan haji – mampu secara fisik, mental dan dana – ke Kota Suci Mekkah dan Madinah, diwajibkan sekali dalam seumur hidup. Pergi haji adalah datang ke Mekkah dengan melakukan ibadah ritual haji seperti Thawaf (berputar mengelilingi Ka’bah), sya’i (berlari kecil ke dan dari bukit Sofa dan bukit Marwa), melempar batu di jumratul aqobah, wukuf di arafah dan ibadah sunah lainnya seperti shalat di Masjid Nabawi. Kegiatan haji ini berlangsung selama kurang lebih 10 hari.

Kelima : “Puasa Ramadhan”. Puasa adalah menahan lapar dan haus (tidak makan dan minum, tidak melakukan hubungan suami istri dari sejak terbit matahari sampai terbenam matahari). Setahun sekali ummat islam diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan, selama satu bulan penuh. Tujuan puasa adalah untuk meningkatkan ketaqwaan seseorang sehingga menjadi manusia yang bersih dari segala dosa seperti seorang bayi yang baru lahir. Seperti disebutkan dalam Al-qur’an surat Al-baqoroh ayat 183, “Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa seperti diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu menjadi orang yang bertaqwa”.

About these ads
 
4 Comments

Posted by on 28 October 2009 in Iman

 

Tags:

4 responses to “Islam dibangun diatas lima perkara

  1. andik siswanto

    14 December 2009 at 2:38 pm

    asslmkm, izin copy untuk referensi tugas hadits tarbawi, syukron katsiir..

     
    • jiwaraja

      15 December 2009 at 4:35 am

      silahkan sobat, semoga sukses tugasnya

       
  2. siti hafidzoh

    8 October 2012 at 9:39 am

    allhamdullillah ketemu juga ak izin copy ya

     
    • jiwaraja

      4 December 2012 at 9:04 am

      oh ya silahkan….

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Komentar Anda

    ageng margyatno on Kisah turunnya wahyu pertama k…
    RIFA' ROYYA AL ISLAM… on Kisah turunnya wahyu pertama k…
    Prerametada on Kisah turunnya wahyu pertama k…
    Matt Bushs Local Mar… on Sejarah Perkembangan Hadist (b…
    nita on Kisah turunnya wahyu pertama k…
    demar on Thaharah
    Fadilah on Thaharah
  • Facebook

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Join 3 other followers

  •  
    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: